Pesantren Ramadhan Kelas 11

Sama seperti hari sebelumnya, SMAN 41 Jakarta kembali mengadakan kegiatan Pesantren Ramadhan atau yang biasa disebut sebagai Pesantren Kilat. Hari ini tepatnya tanggal 15 Maret 2024, Pesantren Ramadhan ini diadakan di Masjid Al-Farabi. 
Namun, jika kemarin dihadiri oleh seluruh kelas 10 maka hari ini Pesantren Ramadhan dihadiri oleh seluruh murid kelas 11.
Pesantren Ramadhan ini bertemakan "Spatsa Explore: Experience Of Ramadhan" yang mengartikan bahwa memanfaatkan bulan suci ini untuk berbuat kebaikan dengan memperdalam ilmu keagamaan. 
Kegiatan dimulai setelah tadarus pagi selesai tepatnya jam 07.00. Seluruh peserta dikumpulkan di Masjid Al-Farabi untuk melaksanakan 3 shalat sunnah. Yang pertama ada shalat sunnah tahiyyatul masjid yang dilakukan untuk memberi penghormatan kepada masjid yang merupakan rumah Allah atau Baitullah. Yang kedua ada shalat sunnah taubat nasuha, karena dibulan yang suci ini, shalat ini dapat membantu memperbaiki diri seseorang dan meningkatkan kesadaran akan kesalahan yang telah dilakukan sebelumnya. Dan yang terakhir adalah shalat dhuha yang merupakan perwujudan syukur dan takwa kepada Allah dan juga berfungsi sebagai riyadhah ruhiyah (olah jiwa) yang dapat mendatangkan kenikmatan, keindahan, dan kebahagiaan.
Selanjutnya adalah pemberian materi pertama oleh Bapak Dicky Apriansyah dengan tema "Berlatih Membaca Al-Qur'an dengan Tartil" Ia memberikan games dengan hadiah uang tunai agar para peserta lebih memperkaya diri mereka dengan ilmu Al-Qur'an. Setelah itu terdapat penampilan shalawat oleh tim Hadroh. Hal yang tak disangka-sangka Men's Biore datang setelah selesai penampilan shalawat. Tim Men's Biore juga membagikan produknya secara gratis kepada seluruh anak laki-laki yang hadir di kegiatan ini. Kemudian dilanjutkan materi kedua dengan tema "Hikmah Berpuasa" yang disampaikan oleh bapak Abdul Azis. Sesi game hadir di penghujung kegiatan untuk meramaikan kembali suasana. Tiba saatnya memasuki adzan Dzuhur dan Shalat Jumat. Kegiatan ditutup dengan bacaan doa Kafaratul Majelis.
Semoga rangkaian kegiatan ini dapat memberikan pengalaman yang mendalam dan bermakna bagi setiap peserta, serta membawa mereka lebih dekat kepada Allah SWT.



Komentar

Postingan Populer