Pesantren Ramadhan Kelas 10

Pesantren Ramadhan adalah sebuah kegiatan pendidikan dan keagamaan yang diselenggarakan selama bulan Ramadhan di sekolah, biasanya disebut sebagai Pesantren Kilat. Di SMA N 41 Jakarta, Pesantren Ramadhan ini diadakan pada hari kamis, Tanggal 14 Maret 2024. Kegiatan ini di laksanakan di masjid Al Farabi yang dihadiri oleh seluruh siswa kelas 10 yang beragama Islam.
Tema Pesantren Ramadhan yang digunakan pada tahun ini adalah Spatsa Explore "Experience of Ramadhan" yang secara keseluruhan mengajak para siswa-siswi kelas 10 untuk berbuat kebaikan di bulan suci ini dengan memperdalam ilmu keagamaan.
Acara dimulai setelah pembiasaan tadarus pagi dilaksanakan tepatnya pada pukul 07.00. Seluruh peserta berkumpul di masjid Al Farabi untuk melaksanakan sholat Sunnah Dhuha berjamaah yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dan peresmian acara oleh ibu Homsaniwati dan bapak Ali Masykur selalu kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bidang sarana dan prasarana.
Selanjutnya adalah pembawaan materi pertama oleh bapak Dicky Apriansyah dengan tema "Berlatih Membaca Al-Qur'an dengan Tartil" yang berlangsung selama 2 jam. Setelah itu terdapat penampilan shalawat oleh tim Hadroh. Kemudian adalah materi kedua dengan tema "Hikmah Berpuasa" yang disampaikan oleh bapak Agus Fajrin, dilanjut dengan quiz dan game hingga tiba adzan Dzuhur.
Setelah adzan Dzuhur semua peserta berkumpul kembali di masjid Al Farabi untuk bersama-sama menyaksikan penutupan acara dengan membaca doa Kafaratul Majelis. Acara pun berakhir pada pukul 13.00.
Acara ini dihadiri oleh Kepala Sekolah serta Bapak dan Ibu Guru, panitia rohis, dan siswa-siswi kelas 10. Tujuan diadakannya pesantren kilat ini agar para peserta didik bisa fasih membaca Al Qur'an, lebih paham agama dan mampu menerapkan nya dalam kehidupan sehari-hari. Adapun Manfaat diadakannya pesantren kilat yaitu semakin fasih membaca Al Qur'an, meningkatkan ilmu agama yang mendalam, memperbaiki ibadah dan akhlak para peserta didik.




Komentar

Postingan Populer