BULAN BAHASA 2023

 Bahasa merupakan alat komunikasi yang kita gunakan sekarang, bahasa sengat penting dalam kehidupan sehari-hari. Pada hari ini, 22 November 2023 di SMAN 41 JAKARTA merayakan bulan bahasa yang bertema ASBAK (Ayo Satukan Bahasa Kita), yaitu merupakan bulan perayaan sebagai bentuk peringatan kelahiran bahasa Indonesia dalam teks Sumpah Pemuda di bulan Oktober. Bulan Bahasa merupakan bulan yang berkaitan erat dengan sejarah bahasa Bangsa Indonesia yaitu "Sumpah Pemuda" yang terjadi pada tanggal 28 Oktober 1928. Salah satu isinya yaitu menyatakan bahwa bahasa Indonesia merupakan bahasa Nasional sekaligus bahasa pemersatu bangsa. Oleh karena itu, pada bulan Oktober biasanya diperingati sebagai bulan bahasa. Dengan adanya kegiatan Bulan Bahasa di SMAN 41 diharapkan siswa-siswi dapat melestarikan penggunaan bahasa daerah atau bahasa resmi Indonesia. Kegiatan Bulan Bahasa ini juga dapat menjadi wadah bagi siswa-siswi untuk menyalurkan bakat, kreativitas, dan prestasi mereka di bidan non-akademik. Serta pada kegiatan ini kita dapat menguji para siswa dalam berbahasa Indonesia yang baik dan benar.

Acara bulan bahasa di mulai dengan apel pembukaan kegiatan bulan bahasa dari jam 06.30 - 06.45. Di lanjutkan dengan penampilan dari teater pijar khusus 11.3 pada jam 07.11 - 07.23. Selanjutnya ada penampilan Seni Tari dari kelas 11 dan 12 dengan Penampilan pertama yaitu penampilan kelas 11.6, Penampilan kedua yaitu 12 MIPA 3, Penampilan ketiga yaitu 11.3, Penampilan keempat yaitu 12 MIPA 2, Penampilan kelima yaitu 11.5, Penampilan keenam yaitu 12 IPS 3, Penampilan ketujuh yaitu 11.1, Penampilan kedelapan yaitu 12 MIPA 1, penampilan kesembilan yaitu kelas 11.4, penampilan yang kesepuluh yaitu 12 IPS 2, penampilan kesebelas yaitu kelas 11.2 dan penampilan yang terakhir adalah 12 IPS 1 dari jam 07.27 - 10.00. Selanjutnya ada Teater Snow White, Penampilan siswa Bahasa Inggris TL 1 pada jam 10.00 - 10.20. Di lanjutkan dengan seminar dan lomba-lomba dari para siswa SMAN 41 Jakarta pada jam 10.00 - 11.30. Lalu setelah itu kita semua melaksanakan ISHOMA dan di lanjutkan lagi dengan lomba-lomba pada jam 12.30 - 14.45. setelah lomba-lomba, para siswa SMAN 41 melakukan operasi Semut yaitu dengan mengumpulkan sampah sampah yang ada di sekitar.

Acara Bulan Bahasa pada hari ini berhasil mendapatkan respon positif dari berbagai siswa. Karena dalam acara ini terdapat pertunjukan teater, tari kreasi oleh kelas 11 dan 12 serta lomba-lomba yang diselenggarakan seperti poster digital, musikalisasi puisi, debat, film pendek, dan story telling dapat menciptakan suasana yang baru karena kategori lomba yang dipilih bervariasi dan unik. Hal ini diakui oleh beberapa peserta lomba, walaupun di bawah terik matahari mereka tetap bersemangat untuk menunjukan potensi diri penampilan terbaiknya dengan berpartisipasi dalam mengikuti lomba-lomba yang diselenggarakan. 

Dalam acara Bulan Bahasa kali ini, SMAN 41 mengundang penulis novel 5CM yang bernama Donny Dhirgantoro untuk melaksanakan seminar di SMAN 41. Kegiatan seminar ini juga sangat baik karena para siswa sangat antusias untuk menghadiri seminar ini. Isi dari seminar tersebut yaitu membahas tentang penulis novel 5 CM yang bernama Donny Dhirgantoro bukan hanya novel 5 CM tetapi ia juga menulis banyak novel yang di jadikan film tenggelam nya seperti film kapal Van der Wijck yang di ambil dari setengah fiksi dan setengah nyata, selain itu waktu seminar para audiens di berikan kesempatan untuk bertanya, salah satu audiens bertanya "Bagaimana caranya agar kita tidak ngeblank saat sedang membuat novel?" Pak Donny pun menjawab bahwa kalau kita ingin membuat novel kita tidak perlu menulisnya terlalu banyak karna itu bisa membuat kita ngeblank tetapi caranya adalah kita harus membatasi menulis novel yaitu sebanyak 2 lembar 1 hari agar tidak bosan juga nantinya. Dan masih banyak pertanyaan yang ditanyakan oleh audiens, dan terakhir penutupan doa yang di pimpin oleh Pak Ijar lalu berfoto bersama.



Komentar

Postingan Populer