UPACARA MEMPERINGATI HARI KESAKTIAN PANCASILA


 Hari Kesaktian Pancasila merupakan hari yang diperingati setiap tanggal 1 Oktober untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan revolusi yang sudah berjuang mempertahankan Pancasila dari paham komunisme, diharapkan dengan diperingatinya hari kesaktian ini untuk mengingatkan betapa besarnya perjuangan para pahlawan dalam mempertahankan Pancasila yang kita miliki hingga sekarang. 

SMAN 41 Jakarta mengadakan upacara bendera untuk memperingati hari kesaktian pancasila. Upacara dilaksanakan pada minggu pagi, 1 Oktober 2023. SMAN 41 Jakarta mengadakan upacara bendera untuk memperingati hari kesaktian pancasila. Di mulai dengan pemimpin upacara yang menyiapkan barisan lalu penghormatan peserta upacara kepada pemimpin upacara yang di pimpin oleh pemimpin paling kanan, pembina upacara memasuki lapangan upacara penghormatan kepada pembina upacara, pengibaran bendera merah putih di iringi lagu Indonesia Raya lalu mengheningkan cipta di pimpin oleh pembina upacara, pembacaan teks pancasila di lanjutkan dengan pembacaan teks proklamasi undang undang dasar 1945 dan pembacaan ikrar oleh petugas, menyanyikan lagu nasional yaitu bagi mu negeri lalu pembacaan doa, laporan pemimpin upacara kepada pembina upacara bahwa upacara telah selesai lalu penghormatan umum dan pembina upacara di perkenankan untuk meninggalkan lapangan upacara, terakhir penghormatan kepada pemimpin upacara yang di pimpin oleh barisan paling kanan pemimpin upacara meninggalkan lapangan upacara, dan upacara selesai. 

Upacara pada pagi hari ini berlangsung dengan khidmat berkat kekompakan para petugas upacara dan tim paskibra SMAN 41, walaupun terdapat kendala pada proses pengibaran bendera merah putih. Siswa-siswi yang berada pada barisan peserta upacara pun mengaku terkejut atas peristiwa ini.

Tujuan dari peringatan Hari Kesaktian Pancasila adalah untuk menghargai jasa-jasa para pahlawan yang gugur dalam peristiwa G30S/PKI, serta mengingatkan kita semua pentingnya menjaga dan mempertahankan Pancasila dari segala bentuk ancaman. 

Makna dari peringatan Hari Kesaktian Pancasila adalah untuk meningkatkan rasa nasionalisme dan patriotisme kita sebagai masyarakat bangsa Indonesia, serta mengambil hikmah dari peristiwa G30S/PKI agar tidak terulang kembali di masa depan.



Komentar

Postingan Populer