Penyuluhan Pembinaan Narkoba dan HIV/AIDS Thn 2017











             Pada hari rabu 15 November 2017 SMAN 41 kedatangan tamu dari petugas BNN untuk melaksanakan pembinaan karakter melalui penyuluhan tentang bahaya Narkoba dan HIV/AIDS. Pesertanya bukan hanya dari kelas X dan XI tetapi juga dari perwakilan ekskul dan sekolah lain. Acara ini diawali dengan registrasi setiap peserta, selain registrasi masing-masing peserta mendapat sovenir dari panitia. Pembawa acara dalam melakukan sosialisasi dengan cara perkenalan diri dan mulai mengenali macam-macam narkoba serta pencegahan agar terhindar dan tidak mudah dipengaruhi dari bahaya narkoba tersebut.

           Peserta diajarkan bagaimana cara menggunakan obat-obatan sesuai saran dokter, karena jika disalah gunakan obat tersebut termasuk narkoba. Penyalah gunaan narkotika tersebut masuk kedalam undang-undang dan dapat terkena hukum penjara. Narkoba terbagi menjadi beberapa golongan dan jenis. Crocodile & flakka adalah narkoba jenis baru yang dapat membuat pemakainya menderita dan dapat melukai dirinya sendiri dan orang lain.

         Penyebab seseorang menjadi pecandu narkoba biasanya dari faktor lingkungan, keluarga, dan pergaulan. Ciru-ciri pecandu narkoba biasanya sering berhalusi nasi, mudah tersinggung, bersikap seenaknya dan jarang mandi. Sama seperti Narkoba HIV/AIDS adalah penyakit yang sampai sekarang belum ada obatnya. Pencegahan dari HIV/AIDS yaitu dengan menghindari seks bebas, pemakaian suntikan bekas, benda tajam yg berkarat. 

         Acara ini diakhiri dengan proses tanya jawab mengenai masalah yang sedang dibahas dan doa bersama.

Komentar

Postingan Populer