Kuis Debat Tim 5 VS Tim 11 "Polusi Udara" SMAN 41 Thn 2017

Lanjutan dari describe youtube :


Dinda : “Saya sebagai orang kedua akan menyanggah perkataan Tutur. Katanya, Tutur akan mengurangi asap rokok seperti pabrik dihapuskan itu tidak perlu dihapus. Sebagian orang harus berhenti merokok. Karena dapat menyebabkan polusi udara. Masyarakat yang merokok, asap yang ditimbukan dapat mencemari udara. Seperti kasus yang pernah terjadi di Indonesia, polusi udara yang diakibatkan oleh kebakaran hutan di Kepulauan Riau berdampak buruk hingga ke negara tetangga yaitu Singapura. Asap kebakaran hutan tersebut sampai ke negara tetangga yang mengganggu jam penerbangan pesawat yang ada di Indonesia maupun yang di Singapura. Dampak polusi udara di negara maju sekalipun yakni di Amerika Serikat, setiap tahunnya sampai 500 orang telah kehilangan jiwanya akibat merokok akibat polusi udara dan paling banyak mengalami kerusakan pada organ jantungnya. Beberapa gejala awal penyakit yang disebabkan oleh polusi udara diakibatkan oleh asap rokok. Berdasarkan survey dan data statistk yang dilakukan menunjukkan bahwa 9 dari 10 orang yang terkena penyakit kanker paru-paru.”

Riza : “Terima kasih sebelumnya untuk Dinda Elsa. Saya akan menyanggah perkataan dari Dinda Elsa. Kami dari tim pro tidak setuju, karena salah satu penyebab polusi udara adalah pabrik-pabrik yang tadi anda bilang. Misalkan jika pabrik-pabrik dihilangkan atau ditiadakan maka negara ini akan sulit. Bayangkan jika polusi udara tidak ada bagaimana dengan dunia ini bagaimana dengan kota ini. Apalagi kota Jakarta disebut kota Metropolitan, banyak penduduk. Jadi, wajar saja banyak polusi, kalau tidak ingin ada polusi pindah saja ke negara lain. Transportasi juga tadi dia bilang penyebab polusi udara contohnya seperti motor penyebab polusi udara. Bayangkan kalau perusahaan-perusahaan pembuat motor seperti perusahaan-perusahaan besar seperti Honda dihilangkan, itukan sebagai sumber dari pendapatan mereka. Misalnya itu dihilangkan itu akan membebani warga-warga masyarakat yang lain. Motor juga memiliki manfaat tersendiri di sisi lain polusi udara tersebut. Misalnya jika ingin jalan-jalan ke Surabaya atau ke Bandung kita naik motor itu bisa 3 atau 4 jam, tapi kalau tidak ada motor kita jalan kaki bayangkan dari Jakarta ke Surabaya pasti lama sekali kalau jalan bisa seharian. Makanya bayangkan jangan melihat dari sisi buruknya saja walaupun itu polusi udara, banyak memiliki manfaat yang lebih bisa menghemat waktu dan menghemat biaya. Dan juga bayangin kalau kendaraan-kendaraan tersebut dihapuskan kita akan terus kesulitan.”

Hinsa : “Iya dari tim kami, kami akan menyanggah dari pernyataan tim pro. Menurut kami, jika pabrik motor dihapus itu bukan hanya membuat polusi udara berkurang tetapi dapat membuat kemacetan juga berkurang. Bukankah itu lebih baik?. Tadi Tutur membuat pernyataan, bahwa pabrik motor atau pabrik apapun tidak perlu dihilangkan karena untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sebenarnya di negara-negara maju bahkan lebih cenderung untuk berjalan kaki atau bersepeda daripada menggunakan mobil pibadi atau kendaraan bermotor. Dari contoh kongkrit tersebut, kita dapat simpulkan itu juga dapat mengurangi polusi. Dan di zaman modern ini juga ilmuwan sudah menemukan bahwa misalnya mobil tanpa adanya lagi polusi udara itu lebih menyehatkan dan juga peralatan-peralatan lain yang dibuat untuk tidak menimbulkan polusi udara, contohnya saja  Jepang sekarang mulai berkurang mulai sedikit demi sedikit berkurang. Nah, jika terus berkurang dapat menjaga bumi lebih lama. Contohnya jika polusi udara lebih berkembang banyak lagi seperti di Amerika Serikat. Terima kasih.”

Riza : “Jadi kesimpulan dari yang kami ambil dari tim pro, kami tidak setuju polusi udara dihapuskan dan dihilangkan, karena itu merugikan banyak orang lain. Yang kedua, membuat banyak orang kehilangan pekerjaannya seperti orang tuanya yang bekerja di Honda atau di PT PT rokok, terus di tempat-tempat tembaga itukan menghasilkan polusi tetapi di sisi lain itukan juga penghasilan mereka. Bayangkan kalau itu dihilangkan, mereka akan kesulitan mendapatkan uang. Yang ketiga, membuat kehilangan devisa negara karena itu sangat merugikan. 75% dari 100% itu adalah polusi, bayangin saja kalau kalian kehilangan itu pasti orang tua kalian bingung ingin mencari pekerjaan apa, apalagi zaman sekarang mencari pekerjaan itu sulit, jadi dia bingung ingin kasih makan apa. Terima kasih.”

Hinsa : “Jadi kesimpulan dari tim kami, kami setuju jika polusi udara dihapuskan karena sangat berbahaya bagi  tubuh dan kesehatan manusia. Karena, lebih baik polusi udara itu hilang daripada kita. Mengapa?. Karena, jika polusi udara itu terus bertambah dari hari ke hari, maka lapisan di bumi ini akan terus menipis. Misalnya, lapisan ozon seperti di Amerika Serikat sudah membolong sebesar pulau Jawa. Nah, itu dapat menyebabkan kanker kulit. Jadi, akhir dari kesimpulan ini adalah benar-benar kami sangat setuju jika polusi udara dihilangkan atau dikurangi seminimalis mungkin. Terima kasih.”

Komentar

Postingan Populer